Apakah Kita Sudah Bersyukur?

Latihan bersyukur:

Uwes Al-Qorni dalam bukunya “60 Penyakit Hati” memberikan petunjuk bagi kita dalam melatih diri untuk bersyukur. Berikut beberapa kiatnya:

1. Bandingkanlah rezeki kita dengan rezeki orang yang berada di bawah kita, dan bandingkanlah amal akhirat dengan amal orang yang di atas kita.

2. Senantiasa mensyukuri nikmat sekecil apapun. Orang yang tidak mensyukuri nikmat yang kecil, tidak akan dapat mensyukuri nikmat yang besar. Rasulullah bersabda: “Orang yang tidak mensyukuri nikmat yang sedikit tidak akan dapat mensyukuri nikmat yang banyak”

3. Bersikap bijaksana dalam memahami ketentuan Allah; sebagai nikmat atau sebagai bencana. Tujuannya agar kita tidak salah dalam menentukan tindakan: bersyukur atau bersabar.

4. Membiasakan mengingat kebaikan orang lain sekecil apapun, dan melupakan kejelekannya sebesar apapun. Orang yang tidak dapat berterima kasih atas kebaikan orang lain, tidak akan dapat mensyukuri nikmat dari Allah sebagaimana sabda Nabi: “Orang yang tidak bersyukur kepada manusia, tidak akan dapat bersyukur kepada Allah”

5. Mengatur seluruh tindakan kita sesuai dengan etik Islam dan tata pergaulan antara sesama, khususnya antara sesama muslim.

Akhirnya, marilah kita doakan agar kita dan para pemimpin bangsa ini menyadari dan memperbaiki kesalahan dimasa lalu. Aamiin, Ya Robbal’alamiin

September, 7 2018

PP Al Hikmah

Comments

comments